Kabupaten Tangerang yang Religius, Cerdas, Sehat dan Sejahtera
21 Mar 2024 101 pembaca ADMIN Dinas Tenaga Kerja

Pembukaan Pelatihan Berbasis Masyarakat di Kabupaten Tangerang

Pada Selasa, 19 Maret 2023, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang mengadakan Pelatihan Berbasis Masyarakat di ruang rapat lantai 3 Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan dan pengetahuan kepada masyarakat sekitar dalam dua kejuruan yang berbeda, yaitu Digital Marketing dan Pemeliharaan AC.

Acara pelatihan ini dibuka oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang, Rudi Hartono. Dalam sambutannya, menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan upaya dari pemerintah daerah untuk meningkatkan keterampilan masyarakat dalam menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin kompetitif. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan peserta dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan pasar saat ini.

Dalam pelatihan Digital Marketing, peserta akan mempelajari berbagai strategi pemasaran digital, termasuk penggunaan media sosial, optimasi mesin pencari, dan analisis data. Mereka juga akan diberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan praktis dalam merancang kampanye pemasaran digital yang efektif.

Sementara itu, dalam pelatihan Pemeliharaan AC, peserta akan mempelajari dasar-dasar pemeliharaan dan perbaikan AC, termasuk pemahaman tentang komponen-komponen AC, prosedur perawatan rutin, dan penanganan masalah umum yang mungkin terjadi. Mereka juga akan diberikan kesempatan untuk melakukan praktik langsung dalam memperbaiki AC yang rusak.

Diharapkan bahwa setelah menyelesaikan pelatihan ini, peserta akan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dapat mereka terapkan dalam dunia kerja atau dalam memulai usaha mereka sendiri. Pelatihan ini juga merupakan langkah positif dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja di Kabupaten Tangerang dan memberikan kontribusi yang berarti bagi pembangunan ekonomi daerah.

Dengan adanya Pelatihan Berbasis Masyarakat ini, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang berharap dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat sekitar. Mereka berkomitmen untuk terus mengadakan pelatihan-pelatihan serupa di masa depan, dengan harapan dapat meningkatkan kualitas hidup dan peluang kerja bagi masyarakat Kabupaten Tangerang.

Kepala Unit Pengelola Dana Bergulir (UPDB) Kabupaten Tangerang, Rizky Maria Puspita Girsang sebagai narasumber menyampaikan dalam rangka mendukung pelatihan ini, Pemerintah Kabupaten Tangerang juga menyediakan peminjaman Modal Usaha melalui Unit Pengelola Dana Bergulir (UPDB). Peminjaman ini bertujuan untuk membantu peserta pelatihan yang ingin memulai usaha mereka sendiri. Dengan adanya modal usaha, peserta dapat memanfaatkan keterampilan dan pengetahuan yang mereka peroleh dari pelatihan untuk membangun usaha yang sukses.